Advertise Box

Pembukaan Penulis


Assalamualaikum Wr. Wb.
Bismillah, Al-Hamdulillah, Wassolatu Wassalamu Ala Rosulillah, Muhammad Ibnu Abdillah, Wa Ala Alihi Wa Shohbihi Ma Man Walah.

Amma Ba'du!.

Kaitan Ilmu Tashrif dengan ilmu Shorof memang tidak terlalu jauh, sesuai kayid Dalam kaidah kitab shorof Al-Kailany,

إعلم ان تصرف فى اللغة التغير،
"Ketauhilah olehmu!, sesungguhnya shorof menurut lugat (bahasa) adalah kadar berobah",
seperti berubahnya sesuatu baik dalam katab kerja ke kata sifat, kata nama atau yang lainnya, maka kadar berobah ini menjadi suatu sebutan nama lain.

Mungkin sekilas dari kata makan, bisa ke tempat makan, alat makan, makan dimana, makan apa, siapa yang makan, makanlah, jangan makan, makan dimana dan yang lainnya, hingga pemikiran kita tidak monoton dan terdiam untuk mengoles dari satu kata ke kata yang laiinya demi menghasilakan maksud yang diinginkan semisal dari kata makan diatas.

وفى الصناعة تحويل اصل الواحد إلى أمثلة مختلفة لمعان مقصودة لا تحصل إلا بها
"Dan shorof menurut istilah bahasa Arab adalah memindahkan dari asal sesuatu kepada contoh yang berbeda-beda dengan maksud sesuatu arti yang tidak akan bisa menghasilkan arti lainnya kecuali dengan ilmu tashrif/shorof tersebut".

Begitu jelas dengan belajar ilmu ini kita bisa membedakan bahasa arab yang sebenarnya, sekalipun setelah saya sekian tahun di Makkah Al-Mukarromah, ternyata banyak sekali perbedaan antara bahasa Fushah/sesuai kaidah arab dengan bahasa keseharian/baku, contoh: من انت؟ (Min Anta?) jika ke Fushah tentu artinya:"darimana kamu" tetapi dalam keseharian من انت (min anta) adalah "Siapa kamu" sering ketika saya chat dengan orang dengan bahasa itu diartikan "darimana kamu",

Nah oleh sebab itu dan banyaknya masukan dari teman-teman serta kawan atau sahabat yang menanyakan kaidah sebenarnya tersirat buat saya mempelajari kaidah tashrif, agar kita bisa menyesuaikan dan bisa memisahkan mana bahasa fishah dan bahasa keseharian,

Mungkin dari sejumlah kata kerja yang berawal (فعلية)- فعل-فاعل-مفعول) atau kata nama(اسمية)(مبتدأ-خبر) atau kata sisipan, balikan dan yang laiinya, pemudahan pemahan sedikit demi sedikit kita bicarakan.

Mohon maaf dari segala kekurangannya dan semoga ada hikmah serta manfaatnya.
sangat memohon masukan dan sarannya.

Billahi Attaufiq Wal Hidayah!.

Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Makkah, 03 Maret 2011
Yang Menulis,
Ttd
Rizky Garut


MATAN ALFIYAH IBNU MALIK